Monday 29 September 2014

,

SLiMS Jogja "ngedrupal" bareng Pustakawan Kemdikbud

proses belajar
Minggu (28/9) pegiat SLiMS Jogja (jogjalib.net) berkesempatan belajar Drupal di Perpustakaan UGM. Di ruang yang konon merupakan American Corner itu, acara "ngedrupal" ini  diampu oleh Hendro Wicaksono, yang merupakan pustakawan Kemdiknas sekaligus pencetus SLiMS dan Igloo. Peserta kegiatan berasal dari crew JLN, pustakawan UGM, pustakawan balai bahasa, pustakawan ISI, pustakawan sekolah, mahasiswa S2 IPI UIN. Sebelum acara dimulai, diawali dengan sambuatan Koordinator SLiMS Jogja yang sekaligus mahasiswa S2 Ilmu Perpustakaan UIN SKJ, Heri Abi Burachman Hakim. Ucapan terimakasih tidak lupa diucapkan kepada Perpustakaan UGM yang berkenan memberi ruang untuk belajar sebagai bentuk dukungan pada komunitas pustakawan.

Materi "ngedrupal" ini adalah instalasi drupal, pembuatan tabel menggunakan drupal, menampilkan hasil isian, membuat paging, membuat fitur searching. Semua dilakukan based on drupal.

Menurut Hendro, Drupal bukan sekedar CMS namun CMF atau Conten Management Framework. "Itulah hebatnya drupal.." kata-kata ini sering muncul ketika membahas berbagai fitur menarik di drupal. 
foto bersama Kabid TI Perpus UGM setelah "ngedrupal"
Drupal mampu menangai pembuatan aplikasi dan ditempatkan sebagai framework.

Peserta antusias, sembari belajar mereka berseloroh "sekarang di perpustakaan apa yang bisa kita lakukan dengan drupal?". Agaknya ide-ide penerapan drupal di perpustakaan masing-masing mulai muncul. Pak Arif Surachman, Kabid IT Perpustakaan UGM yang menyediakan tempat juga berkesempatan mengikuti acara ini. Beberapa diskusi terkait penggunaan drupal juga dilontarkan oleh beliau selama acara. Tak disangka ternyata beliau telah menggunakan Drupal pada tahun 2005, meski sekarang intensitasnya menurun dan beralih ke aplikasi lain. Tampaknya gairah menjadi system librarian cukup besar pada diri peserta.

Drupal, juga dibahas dan diterbitkan buku oleh ALA sebagai bagian dari perangkat pengembangan web perpustakaan, klik link.

Acara yang dimulai 09.00 pagi ini selesai pada 12.30.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih, komentar akan kami moderasi