Friday 18 July 2014

,

Artikel terindex SCOPUS pada beberapa universitas

Berikut pengamatan sekilas saya tentang jumlah artikel yang diindex SCOPUS pada beberapa universitas di Indonesia. Pemilihan universitas muncul begitu saja ketika akan mengetikkan kata kunci, jadi tidak ada latar belakangnya, kecuali UGM dan FT UGM. Institusi tersebut merupakan tempat saya bekerja.

Note: hasil yang muncul berdasar kata kunci yang tertera. Ada kemungkinan kata kunci belum mewakili semua karya yang ada pada institusi yang dimaksudkan. Karena penamaan, atau si penulis menggunakan afiliasi orgasisasi berbeda. Jika menemukan kelemahan lain dalam pencarian yang saya lakukan, silakan disempurnakan.
Pencarian dilakukan pada Document Search, tidak pada tab Affiliation Search. Hal ini saya lakukan karena (misalnya) ketika mencari affiliation search Gadjah Mada, saya temukan "Gadjah Mada University" dengan ID 60069380. Namun, pencarian dengan kata kunci "Universitas Gadjah Mada" mode AffSearch pada tab Document Search tetap memunculkan hasil. Sehingga saya putuskan pencarian dengan Document Search, mode AffilOrg dengan beberapa nama variasi yang dihubungkan dengan OR agar  hasil bisa disatukan.

Silakan cermati hasil di bawah ini.

pencarian dengan kata kunci "engineering, gadjah mada" dan "engineering, universitas gadjah mada"
Pencarian ditujukan untuk dosen FT UGM ditemukan 296 artikel diindex SCOPUS. Dosen terbanyak artikel di SCOPUS: Rochmadi, klik untuk melihat profilnya. Sementara urutan kedua Mahardika, M (Muslim Mahardika), klik profilnya.

pencarian dengan "bandung institute of technologi" dan "institute teknologi bandung"
Pencarian dimaksudkan untuk dosen ITB terdapat 3.092 artikel terindex SCOPUS.

pencarian dengan "gadjah mada"
Untuk UGM, ditemukan 2264 artikel. Dosen terbanyak artikelnya di SCOPUS: Rohman, A (Abdul Rohman), klik profilnya. Beliau juga pernah dinobatkan menjadi peneliti muda terbaik se-asia pasifik, klik.  Sementara urutan kedua adalah Rochmadi, dosen FT UGM yang menempati rangking satu untuk tingkat FT UGM. Ada yang aneh pada angka pak Rochmadi, di FT angka menunjukkan 20, sementara dengan kata kunci Gadjah Mada terdapat 25. Ada kemungkinan terdapat tulisan pak Rochmadi yang menggunakan afiliasi Gadjah Mada tanpa kata Engineering (fakultas).
pencarian dengan "universitas indonesia" dan "indonesia university"
Dengan kata kunci mengacu pada UI, ditemukan 922 artikel terindex SCOPUS.

"universitas diponegorodan "diponegoro university"
Kata kunci yang mengacu ke UNDIP menghasilkan 605 artikel terindex SCOPUS.

Maaf, narasinya kurang lengkap. Silakan melihat gambar sambil menerjemahkannya. Berikutnya saya akan coba pada mesin pengindex ISI WoS dan MAS.


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih, komentar akan kami moderasi